Biasakan Gaya Hidup ini Di Era New Normal

Ditulis Oleh | Rabu, 08 Juli 2020 05:08 | Dibaca : 91 Kali
Pengawasan Penggunaan Masker Pengawasan Penggunaan Masker Satgas Covid Kelurahan Liliba

New normal adalah langkah percepatan penanganan COVID-19 dalam bidang kesehatan, sosial, dan ekonomi. Skenario new normal dijalankan dengan mempertimbangkan kesiapan daerah dan hasil riset epidemiologis di wilayah terkait. Penerapan new normal ini akan bersamaan dengan pendisiplinan protokol kesehatan yang dikawal jajaran Polri dan TNI. Selanjutnya, tatanan normal yang baru akan diperluas jika dinilai efektif.


Menuju new normal selama pandemi COVID-19, WHO telah menyiapkan pedoman transisi yang wajib dipatuhi. Dalam protokol tersebut, negara harus terbukti mampu mengendalikan penularan COVID-19 sebelum menerapkan new normal.

Nah, bagimana caranya kita menghadapi new normal saat pandemi ini? Berikut tips-tipsnya:

1. Membawa hand sanitizer dan menggunakan masker

Hal pertama yang harus diperhatikan ketika menghadapi new normal adalah kebiasaan baru untuk selalu membawa hand sanitizer. Kamu bisa menggunakan hand sanitizer yang mengandung alkohol 70 persen dan moisturizer agar tangan tetap bersih dan lembab. Masker juga menghalangi percikan dari orang lain ke depan mulut dan hidung kamu. Tidak harus menggunakan masker medis, kamu dapat menggunakan masker kain untuk aktivitas sehari-hari. Kedua hal ini merupakan hal yang wajib dibawa untuk mencegah paparan virus Covid-19. Bila perlu, selalu sediakan sabun cair agar bisa menjaga kebersihan tangan lebih maksimal.

2. Jaga jarak ketika berada di keramaian

Meskipun kamu sudah diperboleh beraktivitas di luar rumah, kamu harus tetap menjaga jarak minimal 2 meter dengan orang lain. Hal ini dilakukan guna mencegah penularan COVID-19, karena semakin dekat dengan orang lain maka risiko tertular akan semakin besar pula. Ini juga berlaku jika kamu melakukan aktivitas di luar ruangan. Meski luar ruangan lebih aman ketimbang di dalam ruangan, lebih baik hindari kerumunan.

3. Rutin melakukan aktifitas fisik

Agar tubuh kamu tetap sehat dan daya tahan tubuh meningkat, usahakan untuk tetap berolahraga di masa new normal. Meski sudah boleh menjalankan aktivitas di luar, sebaiknya kamu berolahraga di rumah guna meminimalisir bertemu banyak orang, sehingga mengurangi risiko tertular virus. Kamu bisa berolahraga minimal tiga kali seminggu dengan durasi 30-60 menit per sesi.

4. Makan makanan bergizi

Mengkonsumsi makanan bergizi memegang peranan penting dalam menjaga daya tahan tubuh. Selain karbohidrat dan protein, cukupi kebutuhan serat dengan mengonsumsi sayur dan buah. Agar kebutuhan asupan gizi tetap terpenuhi, kamu bisa memasak makanan sehat sendiri di rumah. Jangan lupa untuk mengonsumsi suplemen penambah daya tahan tubuh seperti Stimuno untuk menunjang aktivitasmu di luar rumah di masa new normal ini.

 

Elisabeth Matilda Ritan

Lahir di Waiwerang Adonara bekerja sebagai staf penyuluh kesehatan masyarakat di Puskesmas Oepoi sejak tahun 2010

puskoep.dinkes-kotakupang.web.id | Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Beri Komentar

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.