Puskesmas Oepoi Menghadapi Transmisi Lokal Covid-19

Ditulis Oleh | Selasa, 07 Juli 2020 21:34 | Dibaca : 96 Kali | Terakhir Diperbaharui : Rabu, 08 Juli 2020 14:03
Screening Pengunjung PKM Oepoi Screening Pengunjung PKM Oepoi

Coronavirus Disease 19 (COVID-19) merupakan penyakit yang disebabkan oleh Novel Coronavirus (2019-nCoV) atau yang kini dinamakan SARS-CoV-2 yang merupakan virus jenis baru yang belum pernah diidentifikasi sebelumnya pada manusia. Puskesmas merupakan garda terdepan dalam memutus mata rantai penularan COVID-19 karena berada di setiap kecamatan dan memiliki konsep wilayah. Dalam kondisi pandemi COVID-19 ini, Puskesmas perlu melakukan berbagai upaya dalam penanganan pencegahan dan pembatasan penularan infeksi.

Dalam upaya pelayanan kesehatan kepada masyarakat, Puskesmas Oepoi sebagai salah satu puskesmas di Kota Kupang dalam pelaksanaan pelayanannya tetap memperhatikan kaidah-kaidah Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI) dan physical distancing guna membatasi penularan infeksi ataupun memutuskan mata rantai penularan.


Pelayanan medis pada puskesmas oepoi dilaksanakan sesuai dengan Standar Prosedur Operasional (SPO) pelayanan yang berlaku. Oleh karena situasi pandemik saat ini dan adanya transmisi local Covid-19 di Kota Kupang maka pelayanan medik dimodifikasi untuk mencegah penularan COVID-19, antara lain dengan menerapkan triase/skrining terhadap setiap pengunjung yang datang, mengubah alur pelayanan, menyediakan ruang pemeriksaan khusus pasien yang terjaring saat screening, mengatur posisi duduk setiap pasien, mengubah posisi tempat duduk pasien pada saat pelayanan (jarak dengan petugas diperlebar), menggunakan kaca pembatas setiap meja pelayanan yang terdapat disetiap poli.

Puskesmas Oepoi juga menyediakan ruangan khusus yang dinamakan Poli Covid. Ruangan ini tersedia diluar gedung utama puskesmas sehingga pasien yang terjaring dalam screening langsung diarahkan menuju tenda khusus yang dinamakan poli covid tersebut. Cara ini dilakukan untuk mengurangi resiko infeksi antar pasien ataupun petugas. Puskesmas juga mengatur jadwal petugas setiap harinya sehingga setiap petugas bertanggung jawab baik itu APD yang akan digunakannya maupun laporan hariannya. Puskesmas Oepoi akan menyesuaikan semua bentuk pelayanan sesuai dengan ketentuan yang berlaku di era pandemi ini.

Elisabeth Matilda Ritan

Lahir di Waiwerang Adonara bekerja sebagai staf penyuluh kesehatan masyarakat di Puskesmas Oepoi sejak tahun 2010

puskoep.dinkes-kotakupang.web.id | Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Beri Komentar

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.