Puskesmas Oepoi Kupang

Info Kesehatan

Langkah Mudah, Murah dan Meriah Dalam Pencegahan Demam Berdarah Dengue

Ditulis Oleh | Kamis, 26 Juli 2018 04:05
Beri Rating
(0 votes)
Larvasidasi (3Mplus) Larvasidasi (3Mplus) dokpuskoepoi

Lingkungan sebagai tempat kita melakukan segala macam bentuk aktivitas, tanpa kita sadar memberi dampak terhadap derajat kesehatan masyarakat. Dampak yang ditimbulkan dapat berupa dampak langsung maupun dampak tak langsung.

Beberapa penyakit yang ditimbulkan oleh pengaruh lingkungan, diantaranya DBD, Diare, Dysentri, Malaria dan beberapa penyakit lainnya. Dewasa ini terjadi pergeseran perubahan iklim dimana hal ini juga berpengaruh terhadap siklus hidup dari berbagai macam vector penyakit. Salah satu penyakit yang ditularkan melalui vector sebagai akibat dari kondisi lingkungan yang tidak baik adalah penyakit demam berdarah dengue atau yang lebih dikenal dengan penyakit demam berdarah.

Demam berdarah dengue merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh virus dengue yang dibawa oleh nyamuk. Penyakit ini disebabkan oleh virus dengue yang penyebarannya terjadi melalui gigitan nyamuk. Nyamuk yang menjadi vector dari penyakit DBD ini adalah nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albopictus. Adapun gejala dari demam berdarah dengue atau yang lebih dikenal dengan demam berdarah ini diantaranya Demam tinggi, Sakit Kepala, Mual, Sakit Perut, Muntah, Nyeri Otot, Bercak/Ruam merah, diare bahkan juga disertai dengan gusi berdarah.

Kondisi lingkungan yang kotor dan tidak terurus menjadi faktor penting dalam perkembangbiakan nyamuk  Aedes aegypti dan Aedes albopictus. Banyak hal yang dapat kita lakukan guna mencegah terjadinya perkembangbiakan nyamuk ini. Nyamuk membutuhkan air untuk proses perkembangbiakannya, tanpa air nyamuk tidak dapat meneruskan proses perkembangbiakannya

 

Dalam kaitannya dengan pencegahan demam berdarah dengue, hal sederhana yang bisa kita lakukan adalah dengan tidak membiarkan tempat tempat penampungan menjadi tempat untuk bertelurnya nyamuk. Langkah pencegahan sederhana yang bisa kita lakukan adalah dengan menutup bak penampung mengubur atau membuang botol ataupun kaleng bekas, menguras bak penampungan air, membersihkan selokan dan upaya upaya lainnya. Langkah langkah pencegahan ini meruapakan langkah mudah yang hanya membutuhkan kesadaran dan kemauan kita untuk terus peduli dan peka terhadap keadaan lingkungan kita.Lingkungan merupakan tempat sejatinya kita berpijak. Apa yang diberikan Lingkungan adalah sebagai bentuk perlakuan kita terhadapnya. Lingkungan yang bersih dan terjaga adalah kunci dari terhidarnya kita dengan penyakit akibat lingkungan. Gerakan 3 M plus adalah kunci kita untuk bebas dari nyamuk penyebab demam berdarah dengue. (eler)

 

Dibaca 682 Kali Terakhir Diperbaharui Jumat, 27 Juli 2018 07:38
Elisabeth Matilda Ritan

Lahir di Waiwerang Adonara bekerja sebagai staf penyuluh kesehatan masyarakat di Puskesmas Oepoi sejak tahun 2010

puskoep.dinkes-kotakupang.web.id | Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Artikel Lainnya

Serba Serbi Pelayanan Puskesmas  Oepoi

Serba Serbi Pelayanan Puskesmas Oepoi

Pelayanan baik yang dilakukan oleh Puskesmas Oepoi yang Read More
Langkah Mudah, Murah dan Meriah Dalam Pencegahan Demam Berdarah Dengue

Langkah Mudah, Murah dan Meriah Dalam Pencegahan Demam Berdarah Dengue

Lingkungan sebagai tempat kita melakukan segala macam bentuk Read More
5 Makanan untuk Tingkatkan Sistem Imun Tubuh

5 Makanan untuk Tingkatkan Sistem Imun Tubuh

Setiap manusia memiliki sistem imun, yang merupakan pertahanan Read More
Cerita Kita Menuju Akreditasi

Cerita Kita Menuju Akreditasi

Dalam rangka menuju puskesmas yang terakreditasi, puskesmas oepoi Read More

"KEPO" ala Puskesmas Oepoi

K : Kooperatif E : Edukasi P: Promosi O : Observasi
Read More
Pentingnya Menjaga Kesehatan Gigi Dan Mulut

Pentingnya Menjaga Kesehatan Gigi Dan Mulut

Kesehatan gigi dan mulut adalah sangat penting karena Read More
Cara Memelihara Kesehatan Gigi dan Gusi pada Anak

Cara Memelihara Kesehatan Gigi dan Gusi pada Anak

Senyum bayi sangat menggoda, apalagi jika bayi sudah Read More
Penyakit Rubella – Penyebab, Gejala, Pengobatan, dan Pencegahan

Penyakit Rubella – Penyebab, Gejala, Pengobatan, dan Pencegahan

Apa itu rubella? Penyakit rubella adalah penyakit menular
Read More
  • 1